Rabu, 9 Maret 2011 09:57

KUNKER KOMISI II DPRD PROPINSI BABEL, BAHAS KESIAPAN BELITUNG SAMBUT SAIL WA-BE 2011

Tanjungpandan—Komisi II DPRD Propinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kunjungan kerja  ke Kabupaten Belitung guna membahas tentang kesiapan Pemkab Belitung dalam menyongsong Sail Wakatobi-Belitong 2011 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang. Kedatangan rombongan disambut hangat Bupati Belitung dan jajarannya dalam acara paparan Sail Wakatobi Belitong 2011 yang berlangsung pada Rabu, 10 maret 2011 di Ruang Rapat Setda.

Dalam paparannya terkait Sail Wa-Be 2011 yang disampaikan Bupati Belitung dijelaskan beberapa rangkaian terkait pelaksanaan acara yang akan digelar menyambut puncak perhelatan Sail Wakatobi Belitong 2011. Kegiatan utama terdiri dari, Operasi bhakti surya bhaskara raya, Yacht rally dan yacht race, flag off 23 Juli 2011, Lintas nusantara remaja bahari, Sea food dan fish product expo, pasar rakyat, pasar seni yang akan dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono serta acara puncak yang akan berlangsung di pantai Tanjung Kelayang.

Sedangkan kegiatan pendukung menyangkut promosi pembangunan, Sail Indonesia/Sail Belitong 2011, Gebyar seni Sail Belitong 2011, Lomba renang Selat Nasik 2011, Lintas nusantara remaja dan pemuda nusantara, Pelayanan kesehatan di sektor pariwisata, Peringatan hari anak nasional, Sosialisasi penggunaan energi nuklir bagi guru, Pekan bakti bahari pelajar, Event pariwisata lainnya di Kabupaten Belitung, Seminar internasional benda berharga asal muatan kapal tenggelam (BMKT).

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir Toni H.A Batu Bara, SE, MT dalam paparannya menambahkan penjelasan terkait persiapan acara dan pembentukan kepanitian yang telah dibentuk,  terkait tugas dan tanggung jawab masing-masing seksi yang telah ditetapkan serta persiapan sarana dan prasarana dari SKPD terkait, serta terkait pendanaan atau anggaran yang akan digunakan.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Propinsi Babel Andi Jaya dalam sambutannya mengharapkan agar gaung pelaksanaan Sail Wa-Be 2011 dapat lebih bergema dan kegiatan ini dapat melibatkan masyarakat. Untuk itu diharapkan agara dapat terjalin koordinasi yang baik, agar apa yang kita harapkan dapat terwujud.

Selain itu salah satu rombongan Komisi II DPRD mengusulkan agar adanya anggaran terkait dengan pantauan peredaran narkoba yang mungkin saja ada di kalangan para yachter ataupun sekitar tempat pelaksanaan acara berlangsung yang pada nantinya dapat dikoordinasikan dengan instansi terkait.

Pelaksanaan event Sail Wa-Be 2011 yang melibatkan beberapa daerah di Babel, salah satunya Belitung Timur agar adanya koordinasi antara masing-masing SKPD terkait. Apalagi event ini akan dihadiri langsung oleh Presiden RI, oleh karenanya pelaksanaan acara sudah seyogyanya dapat dirangkai semenarik mungkin dan dikemas seindah mungkin. Selain itu masalah akomodasi dan transportasi juga diharapkan dapat menjadi perhatian bersama, terkait masalah kendaraan dan penyediaan fasilitas penginapan bagi para tamu nantinya.

Penyelenggaraan kegiatan kebaharian nasional, Sail Wa-Be 2011 ini mengusung tema "Clean the Ocean for Future Live" yang bertujuan untuk menyikapi terjadinya perubahan iklim yang disebabkan meningkatnya suhu permukaan air laut akibat dari berbagai aktivitas pengelolaan kelautan yang tidak memenuhi standar pengelolaan lingkungan.
Menanggapi usulan dan saran yang disampaikan para anggota Komisi II DPRD, Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein mengatakan bahwa saat ini Pemkab Belitung memang belum begitu menggemakan publikasi Sail Wa-Be 2011, hal ini terkait dengan belum disahkannya Keppres (Keputusan Presiden). Promosi ini akan kita lakukan secara step by step. Jika tiba waktunya nanti kita akan lakukan promosi besar-besaran, karena kita tidak ingin hanya gaungnya saja yang besar, tetapi dalam pelaksanaanya tidak sebesar gaungnya.

Selanjutnya terkait akomodasi yang melibatkan masyarakat, yakni penyediaan home stay yang saat ini sudah dilaksanakan dan akan terus diupayakan dengan melibatkan masyarakat. Selain itu terkait koordinasi yang akan dilaksanakan dengan Belitung Timur yang juga akan berpartisipasi dan ikut dilibatkan dalam event ini, nantinya akan dilaksanakan Rapat Koordinasi bersama untuk mengklopkan agenda-agenda kegiatan yang ada agar saling nyambung, apalagi pada tahun sebelumnya Kabupaten Beltim juga sudah dilibatkan dalam penyelenggaraan event Sail Indonesia.

Dalam rangka persiapan penyelenggaraan event Sail Wakatobi-Belitong 2011, sebelumnya Bupati Belitung juga telah menghadiri Rapat Koordinasi Menko Kesra, Rapat Koordinasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Ir H Fadel Muhammad.

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, Sekda Belitung Drs H Abdul Fatah, M.Si, Wakil II DPRD Kabupaten Belitung Mahadir Basti, para Muspida, para Kadin/Kakan/Kaban/Kabag atau yang mewakili di lingkungan Pemkab Belitung, perwakilan Dinas/Instansi Belitung Timur, Insan pers serta undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung