Senin, 14 Maret 2011 10:21

BUPATI BELITUNG RESMIKAN MUSRENBANG TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2011

Tanjungpandan--” Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Belitung ini merupakan kegiatan penting bagi kita semua, khususnya bagi penyelenggaraan pembangunan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung untuk tahun yang akan datang. Musrenbang  ini saya katakan penting karena kegiatan ini merupakan agenda nasional yang dimulai dari tingkat Desa/Kelurahan yang disebut dengan Musrenbang Desa/Kelurahan, dilanjutkan ke tingkat Kecamatan dan sampai dengan Musrenbang Kabupaten yang kita laksanakan pada hari ini, dan agenda ini berlanjut ke tingkat Provinsi dan berakhir di tingkat Nasional yaitu Musrenbang Nasional. Agenda ini merupakan suatu proses penyaringan aspirasi masyarakat, dari tingkat paling bawah sampai tingkat Nasional,  sebagai bahan perencanaan pembangunan yang lazim disebut Bottom Up, sehingga betul-betul mencerminkan partisipasi masyarakat sebagai subjek pembangunan,”ungkap Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya pada Pembukaan Musrenbang Tingkat Kabupaten Tahun 2011.

Program Pembangunan Daerah pada Tahun 2012 diarahkan pada 3 (tiga) skala prioritas utama, yakni: sektor Perikanan dan Kelautan, sektor  Pariwisata dan sektor perhubungan. Sektor-sektor inilah yang harus kita prioritaskan disamping sektor pendukung lainnya yang juga harus menjadi perhatian bersama.
“Saya tegaskan disini bahwa kegiatan musrenbang ini harus dapat memasukkan frame berpikir bagi kita sekalian bagaimana seharusnya kita dapat berpikir fungsional dalam orkestra yang akan kita kembangkan dalam 3 tahun ke depan. Selain itu fungsi reformasi birokrasi juga harus kita jalankan sehingga pekerjaan saudara-saudara sekalian dapat dihargai/dinilai berdasarkan kinerja dan prestasi yang saudara lakukan dalam menjalankan tugas dan pekerjaan sebagai abdi masyarakat,”tegas Darmansyah
diakhir sambutannya.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Ir Hermanto dalam laporannya mengatakan pada dasarnya pelaksanaan Musrenbang yang telah kita lakukan mulai dari tingkat Desa, tingkat Kabupaten hingga forum SKPD dapat dilaksanakan dengan baik. Oleh karenanya dihimbau kepada para peserta Musrenbang kiranya dapat memberikan masukan-masukan terkait program prioritas yang akan dijalankan. Meskipun terdapat beberapa koreksi berdasarkan hasil pelaksanaan Musrenbang tingkat Desa dan Kecamatan yakni, terkait penajaman yang harus dilakukan pada sektor pendidikan dan penajaman kerjasama lintas kabupaten dengan pembangunan koridor jalan lintas utara dan selatan yang menghubungkan aksesibilitas dengan Kabupaten Belitung Timur.
“Saya harap agar kita secara cermat dan tepat dapat mengidentifikasikan proyek-proyek prioritas, baik karena nilai strategisnya terhadap pengembangan wilayah maupun kandungan manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat”, jelasnya.

Sementara Kepala Bappeda dan Statistik Kepulauan Babel Ir Nazalius, MM terkait pelaksanaan Musrenbang yang kita lakukan pada kesempatan ini,  mohon pemantapan betul terkait apa-apa saja yang dibutuhkan dan dipersiapkan, jangan sampai ada kesan hal-hal yang bersifat urgen dikalahkan dengan isu kepentingan politik. Mari kita kelola dengan baik mana program yang memang prioritas harus kita jalankan.

Apapun yang kita lakukan seharusnya tetap berpacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2009-2014. Dalam hal ini perlu saya tekankan kembali bahwa apapun program/ proyek yang disusun hendaknya dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Kabupaten Belitung, memperkuat persatuan dan kesatuan kita   sebagai    bagianyang tidak terpisahkan dari keseluruhan bangsa Indonesia, meningkatkan kepekaan terhadap permasalahan dan kebutuhan masyarakat bawah, melibatkan partisipasi masyarakat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengembangkan  ekonomi kerakyatan. “Saya berharap melalui Musrenbang ini usulan-usulan program/proyek yang disampaikan melalui Bappeda Kabupaten diintegrasikan kedalam kerangka umum pembangunan Kabupaten Belitung yang harus disesuaikan dengan Renstra Pembangunan Daerah. Untuk mencapai harapan dan tujuan tersebut, maka diperlukan keseriusan seluruh peserta Musrenbang Kabupaten terutama para Kepala SKPD dan utusan kecamatan dalam menyusun usulan program/proyek dengan menggunakan skala prioritas. Apabila ada usulan proyek yang tidak sesuai dengan Renstra dan Propeda Kabupaten Belitung yang telah kita tetapkan bersama, sebaiknya ditunda dulu”, katanya.

Selanjutnya terkait upaya Peningkatan Daya Saing melalui Pembangunan Berbasis Kepulauan dan Potensi Daerah pada beberapa bidang strategis, yaitu Energi, Infrastruktur wilayah, Pariwisata, Kelautan/Perikanan, Pertanian, Lingkungan, Perindustrian dan Perdagangan dan Program unggulan masing-masing wilayah.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Wakil Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos, Para Muspida, Pimpinan SKPD dan jajaran di lingkungan Kabupaten Belitung, serta undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung