Selasa, 15 Maret 2011 09:28

KEMENTRIAN DALAM NEGERI RI GELAR RAPAT FASILITASI PENINGKATAN KOORDINASI

Tanjungpandan—Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein menjadi pembicara pada Rapat Fasilitasi Peningkatan Koordinasi dalam Pengelolaan dan Pengembangan Kawasan Otorita dan Industri yang berlangsung pada Selasa, 15 Maret 2011 di Hotel Orchardz, Jakarta Pusat.

Rapat ini digelar Kementrian Dalam Negeri RI dengan mengusung tema "Strategi Pengembangan Industri di Kabupaten Belitung serta Prospek dan Tantangannya ke depan". Acara di buka secara resmi oleh Sekretaris Dirjen Pemerintahan Umum, Kementrian Dalam Negeri RI Drs.Srimoyo Tamtomo,SH,MM.

Acara berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB s.d 21.00 WIB dengan menampilkan pembicara lainnya, yakni Sekretaris Jendral Kementrian Perindustrian, Sekda Propinsi Jawa Barat, Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI), Ketua Otorita Asahan, Pengelola Kawasan Industri Jababeka.

Dalam paparannya Bupati menyampaikan point-point terkait kesiapan dan kelayakan Kabupaten Belitung menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang kini sedang di usulkan Pemerintah Daerah ke Pemerintah Pusat. Terkait KEK Bupati juga menjelaskan tentang posisi geografis Belitung yang sangat strategis, peta alur laut pelabuhan dan rencana tata ruang wilayah, konsep pengembangan Kabupaten Belitung dengan mengembangkan kawasan-kawasan yang potensial, serta pembangunan infrastruktur Pelabuhan Tanjung yang kini dermaganya sudah bisa disandari kapal-kapal besar dan sarana pendukung lainnya yang kini terus dipersiapkan Pemkab Belitung, seperti halnya peningkatan kesiapan SDM melalui program pelatihan dan penguatan kapasitas kelembagaan desa.

Selanjutnya Bupati juga menjelaskan potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Belitung, terkait potensi unggulan yang  menjadi program prioritas pembangunan diantaranya, potensi sektor pariwisata, potensi sektor perindustrian dan perhubungan, potensi sektor perikanan dan kelautan ditambah potensi lainnya yakni, sektor pertambangan, pertanian, perkebunan dan industri.

Turut hadir mendampingi Bupati Belitung, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Ir Hermanto, dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi MZ Hendra Caya, SE, M.Si.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung