Jum'at, 18 Maret 2011 11:34

132 PEJABAT ESELON II, III, IV DIMUTASI

Tanjungpandan---”Kita pahami bersama, saat ini suatu kondisi sedang dibangun dalam organisasi Pemerintah, baik di Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota, yaitu merubah postur birokrasi melalui ”Reformasi Birokrasi”, yang pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, utamanya menyangkut aspek-aspek penting seperti, kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (bussines process), sumber daya aparatur, pengawasan, dan pelayanan publik”, ungkap Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Struktural Eselon II, III, dan IV di Lingkungan Pemkab Belitung pada Jum’at, 18 Februari 2011 di Gedung Serba Guna Tanjungpandan.

Selanjutnya Bupati juga mengatakan esensinya, berbagai permasalahan dan hambatan yang mengakibatkan sistem penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan atau diperkirakan tidak akan berjalan dengan baik, harus ditata ulang atau diperbaharui. Karena, ”Reformasi Birokrasi” dilaksanakan dalam rangka menjadikan tata kelola kepemerintahan yang baik. Sekaligus pula sebagai langkah kongkrit membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan terwujudnya Governance yang transparan, akuntabel, dan profesional serta lepas dari kungkungan lingkaran KKN.

”Pembangunan bangsa yang berkualitas memerlukan komitmen seluruh masyarakat dengan rentang waktu yang relatif cukup panjang. Pembangunan harus didukung pula oleh seluruh komponen masyarakat, dan kita tentu tidak ingin menjadikan birokrasi kita hanya sebagai penonton, akan tetapi harus mampu berperan sebagai pelaku pembangunan itu sendiri, dengan performance yang profesional sekaligus taat hukum, rasional, inovatif, memiliki integritas tinggi serta menjunjung tinggi etika administrasi publik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi mitra masyarakat (partner of society) dengan cara senantiasa melakukan kerjasama dengan masyarakat (co-production)”, kata Darmansyah.

Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, kepada pejabat yang baru dilantik saya perlu mengingatkan untuk mewujudkan ketegasan dan konsistensi dalam penyelengaraan tugas dan fungsi dalam melaksanakan misi Pemerintah Daerah agar dalam menyusun program dan melaksanakan kegiatan agar dapat saling bersinergi dan bersinkronisasi dengan arah serta tujuan Pembangunan Nasional secara holistik dan integral, dalam mewujudkan sinergitas dan sinkronisasi agar dapat dilakukan penelisikan secara komprehensif dengan mengharmonisasikan komitmen pembangunan mulai dari tahapan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa, Musrenbang Kecamatan, Musrenbang Kabupaten, Musrenbang Provinsi dan sampai Musrenbang Nasional. Dengan harmonisasi dan sinkronisasi RPJPP, RPJMP, RPJMPD dan RPJMD, kiranya cita-cita pembangunan bangsa pun akan mendekat, dalam melaksanakan tugas dan fungsi agar mampu menguasai norma, standar, prosedur dan kriteria dengan didukung Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas sehingga pelaksanaan pekerjaan terukur dan tepat sasaran, serta jadikan norma sebagai patokan dalam menjalankan tanggung jawab agar sesuai track yang ditentukan, sebagaimana nahkoda menjadikan mercusuar sebagai patokan berlayar.

Ditambahkan Bupati saat ini terdapat 3 program prioritas pembangunan Kabupaten Belitung yakni, sektor Pariwisata, sektor Perhubungan dan sektor Kelautan dan Perikanan. Disamping itu, Bupati juga meminta perhatian betul pada sektor Pendidikan, Kependudukan, ke PU an, dan Perlindungan Masyarakat dalam upaya membentuk masyarakat yang maju melalui suatu rekayasa sosial yang positif. “ Mari kita dahulukan pelayanan kepada masyarakat, tidak berpikir sekedar asal jadi tetapi harus memperhatikan outcomenya. Pelajarilah norma/aturan yang ada sebagai tuntunan tugas agar sesuai dengan rambu-rambu yang ada”, tegas Bupati.

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Struktural Eselon II, III, dan IV di Lingkungan Pemkab Belitung ini berdasarkan Keputusan Bupati Belitung Nomor: 821/037/KEP/BKD/2011, Nomor: 821/038/KEP/BKD/2011, Nomor: 821/039/KEP/BKD/2011 tentang Alih Tugas/Pengangkatan PNS Dalam Jabatan Struktural Eselon II.b, Eselon III dan Eselon IV sebanyak 132 pejabat dengan rincian yakni pejabat Eselon II.b sebanyak 10 orang, Eselon III sebanyak 45 orang dan Eselon IV sebanyak 77 orang.

Adapun para pejabat eselon II.b yang dalam kesempatan ini dimutasi atau dialihtugaskan/diangkat menjadi pejabat struktural yakni, Dra Ita Wahyuni yang semula menjabat Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah kabupaten Belitung diangkat menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Belitung, Darma Bakti, S.Sos semula menjabat Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setda diangkat menjadi Kadin Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Azhar, S.Ip Kepala Satpol PP dilantik menjadi Kepala Dinas Kebersihan, Pasar dan Pertamanan, Drs Harry Taruna Kadin Kebersihan, Pasar dan Pertamanan menjabat Staf ahli Bidang Pemerintahan.

Selanjutnya Helman, SH Staf Ahli Bidang Pemerintahan dilantik menjadi Kaban Kesbang Linmas Pol, Hendro Gupito, SH Kaban Kesbang Linmas Pol diangkat menjadi Kaban Lingkungan Hidup, Suharyanto, S.Ap Kadin Kependudukan dan Capil  diangkat menjadi Kaban Pemberdayaan Masyarakat, Pemdes, Perempuan dan KB, Dra Hotmaria Ida Kaban Pemberdayaan Masyarakat, Pemdes, Perempuan dan KB dilantik menjadi Kadin Kependudukan dan Capill, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si Asisten III Bidang Administrasi diangkat menjadi Kadin Kebudayaan dan Pariwisata, dan drg. Dian Farida, M.HM Kadin Kebudayaan dan Pariwisata dilantik menjadi Asisten III Bidang Administrasi Setda.

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos, Perwakilan Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Para Muspida, segenap Jajaran/para pejabat di Lingkungan Pemkab Belitung serta undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung