Selasa, 29 Maret 2011 09:38

Rapat Koordinasi Pembangunan Kehutanan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tanjungpandan, Senin 28 Maret 2011, tepat pada pukul 13.30 WIB, Ruang Rapat Bupati Belitung dihadiri sekitar 30 undangan dari berbagai dinas/instansi terkait. Semua wajah yang hadir tampak bersemangat dan menghadiri Rapat Koordinasi tentang Pembangunan Kehutanan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si.

Rapat Koordinasi berlangsung interaktif selama kurang lebih tiga jam. Dari banyaknya pertanyaan, pendapat serta penjelasan yang dilontarkan oleh pihak Provinsi maupun pihak Kabupaten di peroleh poin poin materi sebagai berikut:
- Pinjam Pakai Kawasan Hutan
- Penataan Batas Kawasan Hutan
- Pembangunan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH): Permendagri Nomor 6 Tahun 2011
- Lahan Kritis
- Reklamasi Hutan: Pedoman PP Nomor 76 Tahun 2008
- Pembangunan Hutan Kota Sebagai Bagian Dari Upaya Rehabilitasi Hutan dan Lahan
- Kebun Bibit Rakyat: Membuka Peluang Usaha dan Partisipasi Masyarakat dalam Mengatasi Lahan Kritis
- Pengelolaan Mangrove: Sisa Mangrove Yang Ada Harus Ada Upaya Perlindungan

Banyak terjadi tukar pendapat pada poin Pinjam Pakai Kawasan Hutan, Penataan Batas Kawasan Hutan serta Illegal logging. Dimana kejelasan akan status “Pinjam Pakai” terhadap jalan yang melewati kawasan hutan dirasa rancu. Opini dari masing-masing peserta audiensi pun mengalir dengan lancar, membuktikan bahwa mereka memang sangat memahami dan memperhatikan masalah ini.

Akhirnya Rakor ditutup oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung sekitar pukul 16.30 WIB.  Turut hadir pada Rakor antara lain Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kep. Bangka Belitung, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kep. Bangka Belitung, Perwakilan dari Polres Belitung, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung serta segenap undangan.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung