Kamis, 31 Maret 2011 09:17

Belitung,Wisata Internasional

Sail WaBe (Wakatobi-Belitung) 2011 merupakan jembatan bagi Belitung untuk go internasional,khususnya dalam hal kepariwisataan. Selain itu Sail WaBe tersebut dapat menjadikan potensi kelautan dan perikanan Sulawesi Tenggara dan Babel sebagai penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan. Demikian disebutkan dalam Harian Pagi Pos Belitung Edisi Kamis 31 Maret 2011.

Syahrin Abdurrahman selaku Direktur Jendral Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaporkan setidaknya ada empat tujuan SWB diantaranya menciptakan the best sailling passage dan menjadikan Wakatobi dan Belitung sebagai destinasi wisata Nasional dan Internasional.

Syahrin juga mengatakan pelaksanaan Sail WaBe ini di Kabupaten Belitung direncanakan sekitar tanggal 5-12 Oktober 2011. Tanjung Kelayang ditunjuk sebagai lokasi puncak acara Sail WaBe yang juga rencananya bakal dikunjungi oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sementara itu, Executive Director Yayasan Cinta Bahari Antar Nusa (YCBAN),Raymond T Lesmana mengatakan, Kabupaten Belitung memang layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata Internasional. Menurut Raymond, perlu ada pemikiran untuk membangun sebuah pelabuhan wisata yang bisa berfungsi layaknya Marina untuk menampung kedatangan yacht.

"Kondisi Belitung sudah cukup memadai untuk menjadi destinasi wisata internasional. Pembangunan kamar hotel dan peningkatan jalan merupakan salah satu modal yang sudah dimiliki oleh Kabupaten Belitung saat ini" ungkap Raymond.
Sumber: Pos Belitung