Rabu, 6 April 2011 09:56

PEMBACAAN MANAQIB KUBRO X DALAM RANGKA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Sijuk – Manaqib Kubro ke X ikut mewarnai perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Daarul Arafah Jum’at 1 April 2011. Pembacaan Manaqib Kubro ke X yang dilakukan ba’da isya ini mengulas tentang biografi Syekh Abdul Qodir Al-Jailani yang dibacakan oleh KH. Ali Haris, Spdi selaku Ketua Pondok Pesantren Daarul Arafah.

Disamping ceramah agama oleh KH. Nur Muhammad Iskandar, S.Q,  pembacaan Barzanji yang ditulis oleh seorang khatib di Masjidil haram Ja’far al-Barjanzi al-Madani juga ikut meramaikan acara tersebut. Secara umum kandungan kitab Barzanji terbagi menjadi tiga. Pertama, cerita tentang perjalanan hidup Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dengan satra bahasa tinggi yang terkadang tercemar dengan riwayat-riwayat lemah. Kedua, syair-syair pujian dan sanjungan kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dengan bahasa yang sangat indah, ketiga, shalawat kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, tetapi telah bercampur aduk dengan shalawat bid’ah dan shalawat-shalawat yang tidak berasal dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Sementara itu, Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein tidak lupa mengawali sambutannya dengan shalawat salam kepada Maulid Nabi SAW. Karena dengan shalawat salam ini lah kita dapat mengingat perjuangan Nabi dalam syariat Islam. Bupati juga sedikit menjelaskan perkembangan Belitung menuju Destinasi Wisata Internasional dengan akan adanya Sail WaBe 2011 nanti. Dengan perkembangan Belitung yang sudah semakin pesat, kita patut bersyukur karena taraf kemiskinan di Kab Belitung ini cukup menurun. Karena secara otomatis, jika Kab Belitung semakin dikenal sebagai destinasi wisata, harga tanah masyarakatpun akan naik.

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW ini dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh Sos, Unsur Muspida Kab Belitung, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan para undangan lainnya. (Ny)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung