Salah satu tujuan nasional yang tercakup dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, pendidikan merupakan salah satu program untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. baik pendidikan formal maupun non formal yang berdasarkan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Didalam pendidikan formal terdiri dari beberapa jenjang yaitu jenjang pra sekolah (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SMP), Sekolah Menengah (SM)/ sederajat dan jenjang Perguruan Tinggi (PT).

 

Rasio murid sekolah dapat dipergunakan untuk melihat muatan suatu sekolah menampung murid. Pada tahun ajaran 2013/2014 rasio murid TK terhadap sekolah di kabupaten ini sebesar 81, berarti rata rata setiap sekolah TK yang terdapat di Kabupaten Belitung kurang lebih memiliki 81 murid.

 

Rasio murid sekolah di SD sebesar 165. Sedangkan untuk Madrasah Ibtidaiyah rasio murid sekolah sebesar 78. Rasio murid SMP pada tahun ajaran 2012/2013 sebesar 362 artinya rata-rata sekolah SMP negeri menampung kurang lebih 362 murid. Untuk Madrasah Tsanawiyah, rasio murid sekolah sebesar 149.

 

Pada jenjang Sekolah Menengah Umum (SMU) di Kabupaten Belitung rasio murid sekolah sebesar 483.Sedangkan SMK memiliki rasio murid sekolah sebesar 539. Sedangkan untuk Madrasah Aliyah (MA), rasio murid sekolah MA sebesar 250.