Jum'at, 4 Januari 2019 16:00

Wakil Bupati Belitung Pimpin Rakor Geopark Belitong

Tanjungpandan- Dalam rangka membahas persiapan assesment UNESCO di Kabupaten Belitung, Wakil Bupati Belitung, Isyak Maerobie, S.Sn.,M.Si. secara langsung memimpin jalannya Rapat koordinasi bersama Badan Pengelola Geopark Belitong serta Organisasi Perangkat Daerah dilingkup Pemerintah Kabupaten Belitung, bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung, pada hari Senin, (4/1/19).

 

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn., M.Si menyambut baik atas dilaksanakan Rapat tersebut dengan memberikan dukungan penuh kepada Badan Pengelola Geopark Belitong agar agenda penting yakni assessment UNESCO di Kabupaten Belitung dapat berjalan dengan lancar pada bulan Juni 2019 mendatang.

 

“Agar assesment UNESCO berjalan dengan lancar, tentunya Pemerintah Kabupaten Belitung akan mendukung teknis yang dibutuhkan”, tambah Isyak.

 

Sementara itu, Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Belitong, Dyah Ekowati mengatakan Bulan Juni  mendatang Tim assessor United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) akan turun ke Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur untuk melakukan penilaian layak atau tidaknya Geopark Belitong untuk diangkat sebagai Geopark Global.

 

“Untuk menghasilkan penilaian yang baik dari Tim assesment UNESCO, maka syarat-syarat dalam penilaian perlu dilengkapi segera oleh Pemerintah Kabupaten Belitung seperti penetapan Sekretariat dan Pusat Informasi Geopark, Penetapan kurikulum muatan lokal geopark (Geoedukasi) di Sekolah – Sekolah dan lainnya”, jelas Dyah.

 

Selain itu, Dyah menambahkan untuk mendukung assesment UNESCO, akan dilaksanakan berbagai kegiatan antara lain Seminar Geopark Nasional yang akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia dan Menteri Kelautan Perikanan Republik Indonesia serta narasumber ahli dalam mendukung Geopark Belitong serta Festival Geopark Budaya Bahari "Titik Temu" di Geosite Juru Seberang.

 

Hadir dalam Rapat tersebut, Organisasi Perangkat Daerah dilingkup Pemerintah Kabupaten Belitung serta stakeholders terkait untuk saling besinergi dalam rangkaian memeriahkan dan mendukung assesment UNESCO di Kabupaten Belitung. (FW)

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung