Rabu, 6 Maret 2019 09:00

Oktober 2019, Belitung Miliki Command Center

TANJUNGPANDAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung terus berupaya menjadikan Belitung lebih maju dibawah satu sistem manejemen terintegrasi (B-Smart) untuk mewujudkan smart island. Salah satunya membangun command center dan pemasangan CCTV di beberapa sudut kota.
 
Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si menegaskan bahwa smart island di Kabupaten Belitung harus mulai diberlakukan pada bulan Oktober 2019.  “Bulan Oktober nanti akan dibuatkan command center dan pada akhir tahun dipasangkan CCTV", kata Isyak saat digelar Audiensi dan Sosialisasi Program Digitalisasi di Kabupaten Belitung untuk Mewujudkan Belitung Pintar. Kegiatan ini diinisiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung bekerjasama dengan PT. Indonesia Comnet Plus (ICON+) di Ruang Pertemuan Pemkab Belitung, Selasa (5/3/2019).
 
Secara umum, Command Center (CC) dapat diartikan sebagai lokasi/tempat untuk menyediakan perintah, koordinasi, dan pembuatan keputusan dalam mendukung respon suatu kejadian penting. Tujuan dari CC adalah mengumpulkan dan memproses informasi yang dibutuhkan agar dapat memanage berbagai kejadian dan kesadaran situasional secara cepat dan efektif.
 
Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Drs. H. Jasagung Hariyadi M. Si selaku moderator menjelaskan acara ini bertujuan untuk mendukung Belitung menjadi smart island.
 
Pada kesempatan ini, Mikael Kuncoro Rahadi selaku Manager Bidang Pendapatan dan Penjualan Strategic Business Unit  Palembang dalam sambutan singkatnya menyebutkan bahwa untuk mendukung smart island maka diperlukan jaringan. ICON+ selama 3 tahun ini telah menjalin kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung.
 
Mewakili pihak  ICON+, Alexander Putra Santosa yang juga Account Manager, Strategic Business Unit Palembang memaparkan profil PT. Indonesia Comnet Plus (ICON+). ICON+ merupakan entitas anak dari PT.PLN (Persero) yang bergerak Network Coverage Center.
 
"Tujuannya (dukungan teknologi informasi)  adalah untuk meningkatkan perekonomian daerah. Komunitas akan menjadi lebih maju setelah terkoneksi dengan internet, dan tentunya hal ini harus didukung dengan fasilitas listrik yang memadai", jelas Alexander.
 
Diakhir acara, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengingatkan peran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung untuk mewujudkan smart island. “Target kita, tahun ini akan terbentuk smart Island", kata Wabup. Acara ini juga dihadiri kepala dan jajaran OPD dan Camat se-kabupaten Belitung serta Lurah se-kecamatan Tanjungpandan.
Sumber: Siti Rofiqoh/IKP