Senin, 15 April 2019 16:09

Ingat-Ingat Tanggal 17 April 2019: Jangan Golput! Mencoblos Tentukan Masa Depan Bangsa Indonesia

TANJUNGPANDAN – Mengulas kembali apa yang telah disampaikan oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos., beberapa hari yang lalu tentang ajakan beliau agar seluruh masyarakat Kabupaten Belitung untuk datang dan menentukan pilihannya pada perhelatan akbar Pemilu, Rabu, 17 April 2019 mendatang. Selaku orang nomor satu di Kabupaten Belitung, adalah sesuatu yang wajar dan menjadi kelayakan sebagaimana mestinya jika Sahani Saleh menyerukan ajakan kepada masyarakat untuk bersama-sama mencoblos apapun keputusan dan pilihan politik atau dukungan suara akan diberikan. “Bupati Sebut Nyoblos Itu Enak”, demikian judul headline media Pos Belitung, Jum’at 12 April 2019.

Sejumlah media lokal dan nasional melansir berita tentang angka golput yang diprediksi tinggi, terutama di kalangan milenial yang membuat sejumlah pihak kuatir. Prediksi meningkatnya kelompok pemilih yang tidak mau memberikan suaranya dalam Pemilu 2019 tersebut terbaca dari hasil sejumlah lembaga survei. Dari hasil survei, kecenderungan generasi milenial yang golput melebihi angka 40%. Selain apatis terhadap politik, pada hari H pencoblosan nanti sudah ditetapkan sebagai hari libur. Maka besar kemungkinan bahwa mereka akan memilih liburan ketimbang datang ke TPS.

Apalagi pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp.24,8 triliun untuk Penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019. Siapapun yang dipilih bukanlah persoalan. Namun yang penting untuk dipahami bahwa aktivitas warga untuk mencoblos sangat berarti untuk Indonesia di masa mendatang, paling tidak untuk jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan.

 

<p justify"="">  Indonesia tidak akan dapat terbangun oleh kekuatan satu atau dua kelompok kepentingan semata, ataupun yang lebih kita kenal sebagai partai pengusung dari kedua kubu calon presiden dan calon wakil presiden (Capres dan Cawapres), baik sebagai petahana maupun penantang. Indonesia hari ini dan kedepan adalah sinergitas kekuatan dari berbagai elemen bangsa. Dan, kekuatan ini terwakilkan dari dukungan suara rakyat yang diberikan lewat aktivitas mencoblos, Rabu 17 April 2019. Jangan Golput, dan masih ada waktu untuk berpikir serta metentukan sikap dan pilihan sampai dengan berakhir di bilik suara (TPS) terdekat.

Sumber: ZAKINA/IKP