Rabu, 15 Mei 2019 12:00

Serapan Anggaran Baru 15.5 %, Bupati Minta Jangan Tumpuk kegiatan di Akhir Tahun

Tanjungpandan-Bupati Belitung H.Sahani Saleh,S.Sos menerima laporan penyerapan anggaran per April 2019. Laporan tersebut disampaikan oleh Sekretaris daerah Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya dalam rapat koordinasi terkait evaluasi kinerja OPD. Laporan tersebut merupakan data serapan anggaran dan pelaksanaan kegiatan dari tiap-tiap OPD.
 
Bupati Sahani menyebutkan bahwa kegiatan ini akan rutin dilakukan tiap 3 bulan sekali. Kegiatan ini dilakukan untuk melakukan kontrol terhadap proses dari pelaksanaan rencana kerja.
 
"Ya kita ingin tahu pelaksanaan program-progran  sudah berapa persen. Kalau belum berjalan, apa yang menjadi kendalanya ?. Termasuk juga dalam mengontrol penggunaan dana.", ungkap Bupati Sahani saat memberikan sambutan di Ruang Pertemuan Pemkab. Belitung pada Rabu (15/05/2019)
 
Disampaikan Sekda Belitung MZ Hendra Caya dalam paparannya menjelaskan, dana yang baru terserap dari belanja seluruh OPD per April  2018 baru 15,58 % dari total anggaran. Padahal angka serapan normalnya sudah berada pada kisaran 30%. Total anggaran tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Belitung yaitu sekitar Rp. 1,117 triliun.
 
Untuk itu Bupati Sahani mengingatkan tiap-tiap OPD agar dapat mengatur jadwal pelaksaaan kegiatan. Jangan sampai kegiatannya menumpuk di akhir tahun, atau malah tidak terealisasikan. Beliau menilai bahwa kinerja jangan sampai terganggu administrasi.  Meskipun kinerja dilihat dari outcome dan administrasi, namun harus dicari jalan keluar yang sesuai dengan regulasi. Untuk itu perencanaan harus dilakukan dengan sangat baik. Alokasi rencana kegiatan sudah harus jelas.
Sumber: Arlan/IKP