Kamis, 16 Mei 2019 14:00

200 KK di Air Seruk Terima Operasi Bawang Putih

Sijuk – Sebanyak 200 kepala keluarga di desa Air Seru menikmati operasi pasar bawang putih yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Belitung. Satu kilogram bawang putih di operasi ini dijual pada harga 16.000 per kilogram. Harga tersebut  jauh lebih rendah jika dibandingkan harga yang dialami di pasaran Tanjungpandan Yang sudah mencapai kisaran harga 48.000 rupiah per kilogram.  Operasi bawang putih ini dilakukan di halaman kantor desa Air Seru pada Kamis (16/05/2019). 
 
Menurut keterangan dari Kades Air Seruk, Prasatya Yoga menyebutkan bahwa karena jumlah bawang yang dibagikan sejumlah 200 kg, maka dirinya membagi untuk 200 Kepala Keluarga. Warga yang ingin membeli harus menunjukan kupon yang sudah diberikan dari kepala desa.
 
Mengenai siapa saja yang menerima bantuan, Yoga menjelaskan bahwa pihak Desa Air Seru memberikan kewenangan kepada tiap RT untuk memilih warga yang dirasa berhak untuk menerima kupon tersebut.
  
“Kita seleksi masyarakat yang berhak menerima, yang layak menerima. Kita serahkan ke RT masing-masing dan Per RT kita batasi 5 Kepala Keluarga,” ungkap Yoga.
 
Mekanisme ini dirasa Yoga cukup efektif untuk mengakomodir hak warga. Karena menurutnya masing-masing RT mengetahui warga mana yang membutuhkan dampak dari operasi ini. Dirinya meyakini bahwa warga desa Air Seru merasakan hal yang sama, tanpa ada gerakan proses atau sejenisnya.
 
“Insyaallah sampai saat detik belum ada yang protes,” ujar Yoga
 
Air Seru merupakan desa ke 2 dari 7 lokasi dilaksanakannya operasi bawang putih. Selanjutnya di hari yang sama akan dilakukan operasi di Desa Sungai Padang. Operasi ini memang sengaja dilakukan Pemerintah Kabupaten Belitung untuk mengatasi inflasi harga bahan pokok  di Belitung, salah satunya harga bawang putih.
Sumber: Arlan/IKP