Kamis, 16 Mei 2019 08:00

Kembali hadiri Safari Ramadhan, Bupati Belitung Targetkan Setiap Desa Punya Destinasi Wisata

Badau - Pemkab Belitung gencar melakukan berbagai terobosan inovatif dalam pengembangan pariwisata  yang akrab disebut Negeri Laskar Pelangi ini. Bupati Belitung H.Sahani Saleh menargetkan tahun ini setiap desa harus memiliki destinasi wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat. 
 
"Target kita tahun ini, setiap desa harus ada destinasi wisata yang dikelola masyarakat setempat," tegas Bupati. Tujuannya agar perekonomian desa tersebut bergerak dan dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat setempat seiring dengan tumbuhnya pariwisata di daerah Belitung.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos pada saat melaksanakan Safari Ramadhan 1440H/2019M di Masjid Al-Kautsar Desa Pegantungan Kecamatan Badau, Selasa  (15/05/2019) malam.
 
"Saat ini kita mulai mengemas kawasan industri tentu dengan memproritaskan pekerja sesuai dengan kemampuan SDM masyarakat. Apalagi, kedepan industri sudah berbasis hightech atau dikenal dengan teknologi 4.0 dan kita akan menghadapi Revolusi Industri 4.0. Oleh karena itu harus bertahap untuk membangun desa ini ke arah industri.  SDM dulu kita perbaiki untuk menyambut atau menyerap lapangan pekerjaan jika ingin dibuat sebagai kawasan industri. Jangan sampai masyarakat hanya menjadi penonton saja," jelasnya.
 
Sementara Kepala Desa Pegantungan Ahid menyebut, kedepan dengan dijadikannya desa Penggantungan ini sebagai kawasan industri yang bisa membuka lapangan kerja untuk masyarakat setempat.
 
"Saat ini Pegantungan sudah terkenal dengan kawasan industri. Kedepan dengan pembangunan yang lebih baik semoga bisa menyerap tenaga kerja bagi masyarakat atau warga setempat. Ini merupakan lapangan kerja. Tentu (perlu) didukung pula dengan kesiapan SDM yang memadai," harapnya.
 
Mengingat belum adanya destinasi wisata di Desa Pegantungan saat ini, kedepan dirinya berencana akan mengelola pulau Rengit menjadi kawasan destinasi wisata Desa Pegantungan.
 
Dal Safari Ramadhan ini dilakukan penyerahan bantuan sebanyak 5 (lima) rol sajadah dan 1 (satu) unit vacum cleaner dan penyaluran zakat kepada 10 orang mustahiq. Bertindak selaku imam pada shalat tarawih berjamaah Irwan Ahyar, SE  sedang  penceramah H. Baiyamin dengan mengangkat tema Keistimewaan Bulan Ramadhan. Safari Ramadhan  dihadiri oleh Unsur Forkominda Kabupaten Belitung, Kepala SKPD Kabupaten Belitung, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, dan OPD terkait.
Sumber: Suci/IKP