Jum'at, 17 Mei 2019 14:00

Bupati Belitung: Aset Daerah Harus Dijaga

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos menegaskan, semua aset daerah khususnya bantuan dari Kementerian yang telah diberikan kepada Kabupaten Belitung harus dijaga. Hal ini disampaikannya saat serah terima aset toilet dan bin sampah di Kawasan Pantai Wisata Tanjungpendam Kecamatan Tanjungpendam Kabupaten Belitung, Jumat (17/5/2019).
 
Sahani bahkan menginstruksikan kepada penjaga toilet agar tidak mengizinkan pengunjung yang mabuk untuk menggunakan toilet tersebut. “Jangan ragu untuk melarang pengunjung mabuk untuk menggunakan toilet, saya akan bertanggungjawab bila ada yang tidak terima,” ujar Sahani.
 
Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk mendapatkan bantuan toilet dan bin sampah ini bukanlah hal yang gampang. Banyak daerah lain yang menginginkannya, sehingga Kabupaten Belitung yang telah diberikan kepercayaan untuk mengelola aset toilet diharapkan bisa menjaga dan memanfaatkan aset ini dengan sebaik-baiknya.
 
Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Edi Usdianto ST yang biasa disapa Edukasi  dalam laporannya menerangkan, aset toilet dan bin sampah merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang sudah diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung. Kegiatan pembangunan aset toilet terdiri dari dua toilet di Kawasan Pantai Tanjungpendam, serta dua toilet lainnya yang berada di Dive Center Tanjung Binga Kecamatan Sijuk, dan di HKM Juru Seberang Desa Juru Seberang. Pada salah satu ruang toilet juga disediakan khusus bagi disabilitas. Bantuan lainnya berupa Bin Sampah sebanyak 53 unit, yang tersebar di Tanjungpendam ada 13 unit, di Tanjung Kelayang 4 unit, di terminal 2 unit, di HKM Juru Seberang 10 unit dan sisanya sebanyak 24 unit terdapat di perkantoran pemerintahan.
 
“Ada juga dalam paket bantuan tersebut, diberikan dua unit motor tosa, dan sud. 
 
Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S. Sn, M.Si serta sejumlah OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung di ditandai dengan pengguntingan pita dan akhiri dengan peninjauan lokasi toilet.
Sumber: SitiRofiqoh/IKP